Ternyata Badai Matahari Tak Bahaya Bagi Manusia

Prasaja.web.id - Ternyata badai matahari tidak berbahaya dengan manusia yang ada di bumi ini. Setelah fenomena film yang menghebohkan 2012 ini, banyak ahli yang melaporkan hasil penelitian mengenai ini. banyak juga yang telah membuat Film yang bertemakan ini. Misal Sun Shine. Berikut ada berita dari detik.com yang memberitakan bahwa badai matahari tidak berbahaya.



Bandung - Badai Matahari adalah peristiwa pelepasan energi matahari dimana partikel matahari akan terlontar dan mengakibatkan radiasi. Meski demikian, hal itu tidak akan membahayakan kelangsungan hidup manusia hingga mengakibatkan kemusnahan massal.

Menurut peneliti Lapan Bidang Matahari dan Antariksa Clara Yono Yatini, efek radiasi akibat badai matahari terparah yaitu akan merusak satelit dan membuat komunikasi terganggu.

"Partikel matahari dapat merusak badan satelit sehingga jalur komunikasi seperti radio, sinyal dan lainnya akan terganggu atau terputus," ujar Clara dalam acara Bedah Buku Mystery of 2012, di Auditorium Geologi, Jalan Diponegoro, Kamis (26/11/2009).

Selain itu partikel tersebut juga akan menambah kerapatan atmosfer di sekitar satelit sehingga hambatan untuk kebutuhan pengiriman sinyal juga melambat.
"Seperti mengemudi di jalan raya yang sepi lalu jalannya jadi macet," ujar Clara.

Namun dijelaskan Clara, partikel matahari tersebut tidak akan masuk seluruhnya ke bumi, karena ada lapisan pelindung bumi yang akan menyaringnya terlebih dahulu.

"Magnetosfer akan menjadi tamen penahan agar partikel tersebut tidak masuk semua, tapi pasti ada yang masuk, tergantung karakter planetnya," tuturnya.

Dampak badai matahari yang pernah terjadi diantaranya di tahun 2000 terjadi black out akibat satelit lost contact, dan juga pada 2003 dimana di swedia terjadi mati listrik selama 6 jam.

Tapi menurut Clara, badai matahari ini tidak akan mengakibatkan struktur bumi apalagi inti bumi terpengaruh hingga mengakibatkan bencana yang dapat memusnahkan manusia secara massal dalam waktu yang sekejap.

(tya/avi)

Mas Pras:
Wah memang kuasa Tuhan tidak bisa kita ketahui, Kita tidak tahu kapan dunia ini akan kiamat, Kita sekarang mencari bekal saja buat hari esok yang lebih indah.

Baca juga artikel lainnya ya :
MA larang ujian nasional Mendiknas: UN 2010 tetap dilaksanakan
[Gresik Heboh] Sebelum Beradegan Mesum, Mis Lakukan Gerakan Sensual
Setelah Dikubur Hidup-hidup 1.500 Tahun Lalu dan Dibangkitkan Kembali
Mau Tidur, Luna Maya Wajib Basah-basahan
Karena Mencuri Semangka Di Hukum 5 Tahun

Bonus Download :
Download Operamini 4.2
Download Operamini 10Beta
Download MIRC Buat Chatting
Download Flashget terbaru
Download IDM terbaru

0 comments:

Post a Comment

Setelah baca, alangkah baiknya jika mengisi komentar di sini, agar terjadi silahturahmi yang baik.. heheh :)