Buku 'Gurita Cikeas' Ungkap Tiga Ring Kekuasaan SBY

Prasaja.web.id - Buku karya George Junus Aditjondro berjudul “Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century” salah satunya berisi pembahasan mengenai oligarki kekuasaan yang terbangun di seputar lingkaran kekuasaan SBY.

Karena itu, tak heran buku ini memantik kontroversi dan menghilang dari peredaran. "Gurita Cikeas maksudnya oligarki kekuasaan yang terbangun di lingkaran kekuasaan SBY," terang George Junus Aditjondro kepada wartawan, Minggu (27/12/2009).

George menjelaskan, lingkaran kekuasaan yang dimaksud adalah tiga komponen penyokong kekuasaan SBY. Yakni para menteri atau pejabat, pengusaha, dan keluarga.

Tiga komponen ini, lanjut George, memiliki kontribusi besar dalam kemenangan SBY pada Pemilu 2009. Sedangkan skandal kasus Bank Century yang dipakai sebagai sub judul, hanya sebagai salah satu contoh kasus kecil pengguliran dana kampanye untuk SBY.

"Isi buku juga mengulas kemenangan Pemilu yang penuh pelanggaran hukum. Parpol tak semuanya bersih, kemenangan didukung money politic dan dana asing," ungkap dia.

Sementara itu, Presiden menyatakan prihatin atas terbitnya buku yang isinya menuding sejumlah yayasan milik keluarga Cikeas sebagai pengumpul dana bagi kegiatan kampanye SBY pada Pilpres lalu.

Juru Bicara Presiden SBY Julian Aldrin Pasha mengatakan, dalam buku tersebut terdapat fakta yang tidak akurat. Namun pihak SBY belum menentukan langkah hukum terkait peredaran buku "Membongkar Gurita Cikeas: Di Balik Skandal Bank Century".

George Junus Aditjondro selama ini dikenal sebagai penulis kontroversi yang mengungkap skandal korupsi di lingkaran kepresidenan. Pada tahun 2006, dia menulis buku "Reproduksi Oligarki Berkaki Tiga: Istana, Tangsi dan Partai Penguasa", sehingga sempat dicekal oleh rezim Soeharto kala itu.(kem)

Okezone.com

0 comments:

Post a Comment

Setelah baca, alangkah baiknya jika mengisi komentar di sini, agar terjadi silahturahmi yang baik.. heheh :)